Tujuh konsep utama pembelajaran
kontekstual, yaitu:
Constructivis
- Belajar adalah proses aktif mengonstruksi pengetahuan
dari abstraksi pengalaman alami maupun manusiawi, yang dilakukan secara
pribadi dan sosial untuk mencari makna dengan memproses informasi sehingga
dirasakan masuk akal sesuai dengan kerangka berpikir yang dimilik
- Belajar berarti menyediakan kondisi agar memungkinkan
peserta didik membangun sendiri pengetahuannya
- Kegiatan belajar dikemas menjadi proses mengonstruksi
pengetahu-an, bukan menerima pengetahuan sehingga belajar dimulai dari apa
yang diketahui peserta didik. Peserta didik menemukan ide dan pengetahuan
(konsep, prinsip) baru, menerapkan ide-ide, kemudian peserta didik mencari
strategi belajar yang efektif agar mencapai kompetensi dan memberikan
kepuasan atas penemuannya itu.
Inquiry
- Siklus inkuiri: observasi dimulai dengan bertanya,
mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, dan menarik simpulan.
- Langkah-langkah inkuiri dengan merumuskan masalah,
melakukan observasi, analisis data, kemudian mengomunikasikan
hasilnya
Questioning
- Berguna bagi guru untuk: mendorong, membimbing dan
menilai peserta didik; menggali informasi tentang pemahaman, perhatian,
dan pengetahuan peserta didik.
- Berguna bagi peserta didik sebagai salah satu teknik
dan strategi belajar.
Learning Community
- Dilakukan melalui pembelajaran kolaboratif -Belajar
dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil sehingga kemampuan sosial dan
komunikasi berkembang
Modelling
- Berguna sebagai contoh yang baik yang dapat ditiru oleh
peserta didik seperti cara menggali informasi, demonstrasi, dan lain-lain.
- Pemodelan dilakukan oleh guru (sebagai teladan),
peserta didik, dan tokoh lain.
Reflection
- Tentang cara berpikir apa yang baru dipelajari
- Respon terhadap kejadian, aktivitas/pengetahuan yang
baru
- Hasil konstruksi pengetahuan yang baru
- Bentuknya dapat berupa kesan, catatan atau hasil karya
Autentic Assesment
- Menilai sikap, pengetahuan, dan ketrampilan
- Berlangsung selama proses secara terintegrasi
- Dilakukan melalui berbagai cara (test dan non-test)
- Alternative bentuk: kinerja, observasi, portofolio,
dan/atau jurnal
No comments:
Post a Comment