Friday, August 9, 2013

RPP BAHASA INGGRIS "DISCUSSION"


            SKENARIO PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN           : BAHASA INGGRIS
JENJANG                             : SMA
KELAS/SEMETER               : XII/GANJIL
ASPEK/TOPIK                     :  MEMBACA  
SUB-ASPEK/TOPIK           :  membaca teks discussion
ALOKASI WAKTU              : 1 X 45 MENIT

I.        STANDAR KOMPETENSI:
Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  narrative,  explanation, dan discussion  dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

II.  KOMPETENSI DASAR
5.1   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion 
III. INDIKATOR
·      Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
·     Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
·     Mengidentifikasi argument yang pro dan kontra dalam teks
·     Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks
·     Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca

·       
IV.TUJUAN PEMBELAJARAN:
Siswa dapat:
·     Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
·     Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
·     Mengidentifikasi argument yang pro dan kontra dalam teks
·     Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks
·     Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca

 V. MATERI POKOK: text discussion  
VI.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.       Metode : Presentation, Practice And Personalization
2.       Model: jigsaw  


VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Lama (menit)
1



Awal:
a.       Pembacaan doa
b.       Apersepsi
c.        Guru bertanya kepada siswa seperti:
·         What do you call the people who live in a country?
·         Are a native of Indonesia?
·         How do you get your citizenship?
d.       Memperkenalkan kata-kata baru/susah



15
2
Inti:
a.       Membagi siswa dalam 4 kelompok
b.       Siswa menyusun paragraph menjadi teks yang baik.
c.        Menemukan topic bacaan
d.       Menjawab pertanyaan rinci tentang bacaan.


25

Akhir:
a.       Mengecek jawaban siswa

5

VIII. PENILAIAN
1.       Dilakukan dengan Penilaian Proses dan Hasil
a.       Penilaian proses, dilakukan pengamatan selama pembelajaran berlangsung untuk mengetahui apakah kegiatan pembelajaran mengarahkan siswa mencapai ketiga macam kecerdasan di atas.
b.      Penilaian hasil, dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi perubahan pada diri siswa pada ketiga jenis kecerdasan di atas.
c.       Teknik penilaian:
Penilaian berbasis kelas.

No comments:

Post a Comment