Thursday, August 8, 2013

RPP BAHASA INGGRIS "MENGUSULKAN"


RENCANA PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH                  SMAN 3 SENGKANG
MATA PELAJARAN           :   BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER             :   XII/ganjil
ALOKASI WAKTU              :   2X45 MENIT

I.                    STANDAR KOMPETENSI
Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
II.                  KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah

III.                INDIKATOR
·         Menggunakan tindak tutur mengusulkan

IV.                TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menggunakan tindak tutur mengusulkan dalam bermain peran

V.                  METERI AJAR
Mengusulkan, memohon
mis. A: I’d like to suggest that…;
 B: It sounds like a good suggestion

VI.                Metode / model pembelajaran
Metode : presentation, practice and personalization (PPP)
VII.              Kegiatan Belajar mengajar
NO
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal (warmer)
·      Siswa menulis satu pertanyaan di atas selembar kertas kosong.
·      Siswa dibagi 2 kelompok besar
·      Siswa membentuk kertas tersebut seperti bola
·      Siswa saling melempar kertas bola tersebut antara satu sama lain
·      Siswa mengambil satu kertas dan bertanya tentang pertanyaan yang tertulis di kertas tersebut.
·      Siswa mendengar cerita dari guru tentang seorang pimpinan suatu perusahaan yang ingin mempromosikan perusahaannya. Misalnya: Mr. X is the director of  ABA Company. One day, he invites his staff to have a meeting.
Mr. X: Do you have any idea to promote our company to the consumer?
Mr. Y: I’d like to suggest put an advertisement in every local newspaper.
Mr. X: That sounds a good suggestion.

10 menit







5 menit
2
Kegiatan inti
·      Guru meng-ecilit ungkapan-ungkapan mengusulkan dari siswa.
·      Siswa menyusun satu dialog mengusulkan yang telah diacak menjadi dialog yang baik.
·      Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru mengenai dialog tersebut.
·      Siswa mempraktekkan dialog tersebut
·      Siswa, dalam kelompok 4 orang, membuat suatu dialog tentang sebuah sekolah yang siswanya lebih prestasi olah raganya.
·      Masing-masing siswa menuliskan lima masalah yang dihadapi
·      Siswa saling meminta saran atau usul untuk memecahkan masalah tersebut


5 menit

5 menit

5 menit

10 menit
30 menit


5 menit


20 menit

3

Kegiatan penutup
Merangkum materi pelajaran  

5 menit
VIII.            Penilaian
1.       Dilakukan dengan penilaian proses dan hasil
a.       Penilaian proses, dilakukan pengamatan selama pelajaran berlangsung untuk mengetahui apakah kegiatan pelajaran mengarahkan siswa mencapai ketiga macam kecerdasan diatas

b.      Teknik penilaian
a.       Penilaian berbasis kelas

No comments:

Post a Comment