SKENARIO
PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
JENJANG :
SMA
KELAS/SEMETER : XII/GANJIL
ASPEK/TOPIK : MEMBACA
SUB-ASPEK/TOPIK :
MENGUSULKAN
ALOKASI WAKTU : 1 X 45 MENIT
I.
STANDAR KOMPETENSI:
Memahami makna teks
fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative,
explanation, dan discussion
dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan
II. KOMPETENSI DASAR
5.1
Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
III. INDIKATOR
·
Mengidentifikasi
makna kata dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi
proses sebuah peristiwa
· Mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dari teks
·
Mengidentifikasi
tujuan komunikasi teks dibaca
IV.TUJUAN PEMBELAJARAN:
Siswa dapat:
·
Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi
proses sebuah peristiwa
· Mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dari teks
·
Mengidentifikasi
tujuan komunikasi teks dibaca
V.
MATERI POKOK: text explanation
VI.
METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Metode
: Presentation, Practice And Personalization
2.
Model:
jigsaw
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
No
|
Kegiatan
|
Lama (menit)
|
|
1
|
Awal:
a. Pembacaan
doa
b. Apersepsi
c.
Guru
bertanya kepada siswa seperti:
·
If
you see the black cloud I the sky, what is in your mind?
·
What
happens if it rains heavily?
d. Memperkenalkan kosakata-kosata baru/susah
|
15
|
|
2
|
Inti:
a. Membagi siswa dalam kelompok 4
b. Masing-masing kelompok mendapat satu
paragraph.
c.
Membentuk
kelompok baru dengan mengambil satu siswa dari masing-masing kelompok
sebelumnya.
d. Menjawab pertanyaan yang diberikan
berdasarkan teks yang telah di bahas.
|
25
|
|
|
Akhir:
a. Mengecek jawaban siswa
|
5
|
VIII. PENILAIAN
1.
Dilakukan
dengan Penilaian Proses dan Hasil
a.
Penilaian
proses, dilakukan pengamatan selama pembelajaran berlangsung untuk mengetahui
apakah kegiatan pembelajaran mengarahkan siswa mencapai ketiga macam kecerdasan
di atas.
b.
Penilaian
hasil, dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi perubahan pada diri siswa pada
ketiga jenis kecerdasan di atas.
c.
Teknik
penilaian:
►Penilaian berbasis kelas.
No comments:
Post a Comment