Thursday, August 8, 2013

PEMETAAN STANDAR ISI


PEMETAAN STANDAR ISI

MATA PELAJARAN  : Bahasa Inggris
KELAS/SEMESTER   : XII/ganjil


SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOK
1
2
3
4
5
6
7
dst
WKT
Berbicara
1.       Mengungkapkan makna dalam teks  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari


           













             
            Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  kemampuan untuk melakukan sesuatu, dan memerintah

C.3


·      Menggunakan tindak tutur mengusulkan
·      Menggunakan tindak tutur memohon
·      Menggunakan tindak tutur mengeluh
·      Menggunakan tindak tutur membahas kemungkinan atau  kemampuan untuk melakukan sesuatu
·      Menggunakan tindak tutur memerintah

C.3

C.3

C.3

C.3



C.3



o  Mengusulkan, memohon
mis. A: I’d like to suggest that…;
 B: It sounds like a good suggestion
o  Mengeluh
mis. A: This is crazy!
           B: Join the club.
o  Membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu
ms. A:  Would it be possible for you to…?
       B: Yeah, sure.
o Memerintah
mis. A:  You must …
    B: As you wish, Sir.







































2 x 45 menit




2 x 45 menit



2 x 45 menit




2 x 45 menit










*
1.       kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi informational;
2.      kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, report, news item, analytical exposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, review, public speaking. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika
3.      kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).
















PEMETAAN STANDAR ISI

MATA PELAJARAN  : Bahasa Inggris
KELAS/SEMESTER   : XII/Genap


SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOK
1
2
3
4
5
6
7
dst
WKT
Membaca
10. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  narrative dan review  dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
             
11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review 
             

C.3


·      Mengidentifikasi isi cerita
·      Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
·      Mengidentifikasi penilaian tentang film/song/novel
·      Mengidentifikasi saran pada sebuah review yang dibaca
·      Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks review/narrative
·      Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca


C.2
C.2

C.2

C.2

C.3


C.3



·      Complex sentenses
o Relative Clause
·      Attitute expressions
·      Teks tulis  berbentuk narrative
·      Teks tulis berbentuk review



























2 x 45 menit



2 x 45 menit







*
1.      kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi informational;
2.      kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, report, news item, analytical exposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, review, public speaking. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika
3.      kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).

No comments:

Post a Comment