PEMETAAN STANDAR
ISI
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS/SEMESTER : XII/ganjil
|
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOK
|
|||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
dst
|
WKT
|
||||||
|
Berbicara
1.
Mengungkapkan
makna dalam teks percakapan
transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi
dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau
kemampuan untuk melakukan sesuatu, dan memerintah
|
C.3
|
· Menggunakan
tindak tutur mengusulkan
· Menggunakan
tindak tutur memohon
· Menggunakan
tindak tutur mengeluh
·
Menggunakan
tindak tutur membahas kemungkinan
atau kemampuan untuk melakukan sesuatu
· Menggunakan
tindak tutur memerintah
|
C.3
C.3
C.3
C.3
C.3
|
o
Mengusulkan, memohon
mis. A: I’d like to suggest that…;
B: It sounds like a
good suggestion
o
Mengeluh
mis.
A: This is crazy!
B: Join the
club.
o
Membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu
ms. A:
Would
it be possible for you to…?
B: Yeah,
sure.
o
Memerintah
mis. A: You
must …
B: As you wish,
Sir.
|
√
√
√
√
|
|
√
√
√
√
|
|
|
|
|
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
*
1.
kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks
lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis
secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi informational;
2.
kemampuan
memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei
berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, report, news
item, analytical exposition, hortatory exposition,
spoof, explanation, discussion, review, public
speaking. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata,
tata bahasa, dan langkah-langkah retorika
3.
kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa
dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan
ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi),
kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi
dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi
pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).
PEMETAAN STANDAR
ISI
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS/SEMESTER : XII/Genap
|
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOK
|
|||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
dst
|
WKT
|
||||||
|
Membaca
10. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan
|
11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative
dan review
|
C.3
|
·
Mengidentifikasi isi cerita
·
Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
· Mengidentifikasi penilaian tentang film/song/novel
· Mengidentifikasi saran pada sebuah review yang dibaca
·
Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks review/narrative
· Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca
|
C.2
C.2
C.2
C.2
C.3
C.3
|
· Complex sentenses
o
Relative
Clause
· Attitute expressions
· Teks tulis berbentuk narrative
· Teks tulis berbentuk
review
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
|
|
|
|
|
2 x 45
menit
2 x 45
menit
|
*
1.
kemampuan
berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau
tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis
secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi informational;
2.
kemampuan
memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei
berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, report, news
item, analytical exposition, hortatory exposition,
spoof, explanation, discussion, review, public
speaking. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata,
tata bahasa, dan langkah-langkah retorika
3.
kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa
dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan
ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi),
kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi
dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi
pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).
No comments:
Post a Comment